Minggu, 21 Oktober 2012

Kethoprak Tutup Pesta Rakyat 2012

Kethoprak Tutup Pesta Rakyat 2012

Kethoprak Istimewa berjudul  “Sumilaking  Pedhut di Bumi Perdikan” menutup acara Pesta Rakyat 2012. Acara yang diadakan dalam rangka wujud syukur disahkannya UUK DIY dan pelantikan Sri Sultan HB X serta Sri Paduka PA IX dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur. Kethoprak yang dimainkan oleh anggota DPRD DIY dikemas secara apik dengan sutradara Nano Asmorodana.

Kethoprak yang menceritakan perjuangan rakyat Jogjakarta untuk mewujudkan daerah yang benar benar istimewa. Menjadi bintang tamu dalam acara ini, Yu Beruk,Den Baguse Ngarso. Acara pesta rakyat yang digelar selama dua hari, Kamis dan Jumat mendapatkan perhatian dari warga Jogja.  Gedung DPRD yang biasanya ketat penjagaannya terlihat lengang petugasnya, warga bebas keluar masuk kehalaman DPRD untuk menyaksikan semua pertunjukkan pesta rakyat.

Dalam acara ini, banyak ditampilkan kesenian daerah dari penjuru DIY,seperti, Angguk, Tari Rampak Kendhang, Tayuban,Gejok Lesung. Selain untuk merayakan pelantikan serta disahkannya UUK DIY acara ini juga sebagai ajang pelestarian budaya dan pengenalan kepada generasi muda agar lebih mencintai budaya Jogjakarta.(Wis/TI)