Minggu, 21 Oktober 2012

Dokter Primer Gerbang Layanan Kesehatan Yang Terjangkau


Dokter Primer Gerbang Layanan Kesehatan Yang Terjangkau

Biaya kesehatan semakin lama semakin merangkak tinggi. Kenaikkan  biaya kesehatan paling  disebabkan biaya farmasi dan penggunaan alat-alat kedokteran. Tingginya biaya pengobatan dikeluhkan oleh banyak masyarakat. Pemerintah memang sudah mengeluarkan JAMKESMAS atau  JAMKESKIN tetapi solusi tersebut tidak bisa langsung menuntaskan permasalahan tersebut.

Perlu dilakukan langkah kongkrit dan nyata untuk menanggulangi masalah tingginya biaya pengobatan serta pelayan yang baik di dunia kesehatan.”Untuk mengatasi hal itu harus dilakukan reformasi sistem kesehatan secara menyeluruh. Salah satu cara adalah optimalisasi kesehatan disektor primer.

Dokter mempunyai peran penting disektor primer  karena kelanjutan biaya kesehatan pasien selanjutnya dari tangan  dokter tersebut.  Dokter  dapat melakukan pengendalian biaya awal pasien hingga sembuh atas rujukan dokter yang menanginya pertama kali. Untuk  melaksanaakn misi tersebut PT. Pertamina dan Pusat Kebijakan Pembiayaan dan Manajemen Asuransi Kesehatan Fakultas Kedokteran (PKPMA FK) UGM mengadakan pelatihan dan seminar  pelayanan kesehatan terkendali (managed care).

Pelatihan dan  seminar sudah dilaksanakan beberapa saat yang lalu. Dokter menjadi prioritas bagi layanan primer.  Diharapkan dengan adanya kerjasama ini didapatkan dokter dokter yang memiliki pemikiran tebtabf prinsip layanan kesehatan terkendali yang pada tingkat selanjutnya mampu menciptkan lingkaran kesehatan dengan kualitas terbaik dan biaya terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. (Wis/Ti)