Selasa, 02 Oktober 2012

FESTIVAL ASIA TRI DI ULLEN SENTALU


Festival Asia Tri digelar di museum seni dan budaya jawa Ullen Sentalu bertajuk ‘Asian Arts for humanity’.   festival ini seni merupakan pertunjukan keliling yang diprakarsai oleh seniman tiga negara, yaitu : Korea, Jepang dan Indonesia (Yogyakarta). Yang Hye Jin (Korea), Soga Masaru (Jepang), Bimo Wiwohatmo dan Bambang Paningron (Yogyakarta).Mereka adalah  pemrakarsa festival tahunan ini .

Acara ini diikuti oleh paara seniman dari berbagai negara antara lain,  Jepang, Korea, Singapura, Amerika Serikat, Meksiko, India, Belanda, Spanyol dan beberapa seniman Indonesia yang berasal dari Jakarta, Palu, Bangka Belitung, Solo dan Yogyakarta.

pada bulan Oktober 2005 untuk pertama kalinya festival ini diadakan di kota seoul dan berlangsung hingga kini. Untuk tahun ini jepang telah menyelenggarakan  terlebih dahulu di kota Yokohama pada tanggal 20-23 september  yang lalu.
Event ini diharapkan bisa untuk menjadi pertukaran budaya dan saling memahami seni tanpa ada batas dan tidak memandang suku, agama ras. Acara ini terbuka untuk semua  seniman  walaupun  pemrakarsanya tiga negara. Festival ini berlangsung  2-4 oktober.(wis)