Jumat, 28 September 2012

GOES TO ISTANA

museum Dewantara
peserta karnaval museum wayang

peserta dari museum Sandi
pameran museum yogyakarta dilaksanakan di pagelaran kraton yogyakarta. Pameran kali ini bertema GOES TO ISTANA.pameran dimulai pada tanggal 23 dan berakhir pada pada 28 september 2012. pameran ini diawali dengan karnaval dari berbagi perwakilan museum di jogja dan beberapa daerah lain.

Karnaval dimulai dari  taman parkir Abu Bakar Ali melewati Malioboro dan berakhir di Pagelaran Kraton Jogjakarta. Karnaval diawali dengan Bergodo merah putih yang membawa pataka Garuda Pancasila, HoBo Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, dan lambang Pura Pakualaman berada deretan depan. Sementara duta Museum Sigi Wimala dan Dimas Diajeng DIJ yang ada di atas kereta berada di tengah. Kemudian diikuti oleh peserta mengenakan pakaian dari 33 propinsi dan kemudian peserta pameran .

Gubernur DIJ dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembanguan Sekda Provinsi DI Yogyakarta Andung Prihadi mengatakan denagan acara ini diharapkan kepada masyarakat khususnya generasi muda mau memahami dan belajar sejarah, karena museum adalah jendela sejarah dimana kita bisa melihat peradaban sebelum kita.
 
Pemilihan tempat ini digelar di Pagelaran Kraton Jogjakarta bukan saja untuk mengenang sejarah kraton tetapi juga untuk mengenal kebudayaan yogyakarta secara keseluruhan. Festival museum kali ini juga untuk persiapan memperingati hari museum sedunia yang jatuh tanggal 24 Desember2012.(wis)