Jumat, 28 September 2012

KARNAVAL DAN PEMBUKAAN FESTIVAL SENI BUDAYA DAN KEAGAMAAN HINDU KE-2

wakil gubernur Sri Paduka Pakualam IX
PAKUALA NTERI  peserta dari Bali





Umat hindu Indonesia saat ini sedang mengadakan sebuah festival yang bertajuk festival seni budaya keagamaan Hindu ke-2. Acara ini diawali dengan karnaval yang dimulai dari taman parkir abu bakar ali dan berakhir di Puro pakualaman.Karnaval Budaya Nusantara bertema “Unity in Harmony – Bhinneka Tunggal Ika”.karnaval ini diikuti lebih dari 2000 orang.karnaval menampilkan berbagai macam budaya dan kesenian,jatilan,angguk, dan berbagai macam tarian serta musik tradisional lainnya.

Kegiatan akan  berlangsung dari hari Selasa 25 September hingga Jumat 28 September 2012.pembukaan acara ini berlangsung di PuroPakualam yang dibuka oleh menteri agama  Suryadharma Ali.Pembukaan ini juga dihari wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam IX beserta Dirjen Bimas Hindu Tri Guna, para Kanwil Kemenag dari seluruh Indonesia dan keluarga besar Sri Paduka Alam.

Dalam sambutannya , Menteri Agama mengatakan “acara ini bisa dijadikan sebuah momentum untuk menunjukkan kerukunan antar umat beragam di Indonesia. Selain itu acara ini diharapkan mampu meningkatkan kebersamaan antar umat hindu sendiri dan umat lainnya. 

Acara ini dikuti oleh 16 kontingen dari 16 propinsi dengan total peserta 800 orang. Peserta tahun ini meningkat dari pada tahun lalu.para peserta akan mengikuti berbagai macam lomba.kegiatan akan di pusatkan di Kampus ISI Yogyakarta.

Perlombaan akan dimulai setiap jam 08.00 setiap harinya.lomba ini meliputi 6 kategori, yakni lomba Musik Tradisi (tabuh Lalambatan/instrumental), lomba Tari Ritual (Tari Rejang atau Tari Baris), lomba Musik Vokal Instrumental (Gegitaan), lomba Tari Kreasi Keagamaan, dan lomba Tari Topeng Sidakarya (atau sejenisnya). Selain lomba ada juga acara sarasehan yang akan dilakukan dikampus ISI dan pesta rakyat di titik Nol Yogyakarta.(WIS/TI)