Jumat, 12 Oktober 2012

Work Shop Energi Bukan Hanya Minyak


Work Shop Energi Bukan Hanya Minyak  

Pemakaian bahan bakar minyak di Indonesia bisa dikategorikan tinggi.mulai dari kebutuhan sehari hari hingga kebutuhan industri. Bahan bakar yang digunakaan saat ini adalah  bahan bakar yang berasal dari fosil dan tidak terganti.

Pemerintah seharusnya mencari alternatif untuk mencari bahan bakar minyak dari bahan yang terbarukan. Penggunaan  bahan bakar minyak bumi yang berasal dar fosil di Indonesia sangat tinggi. Indonesia sebenarnya memiliki sumber panas bumi yang bisa digunakan menjadi energi. Sumber panas di Indonesia mencapai 281 giga watt.

Ketergantungan masyarakat Indonesia dalam penggunaan BBM juga tidak lepas dari murahnya harga yang sudah disubsidi oleh pemerintah. Subsidi bahan bakar minyak sendiri tidak merata. Penerima BBM bersubsidi paling banyak adalah pulau Jawa dan Bali (55.6%).

Penggunaan energi minyak berlebihan membuat perubahan iklim, peningkatan gas emisi, buruknya lingkungan terutama udara dan air. Seminar dan Workshop dilaksanakan pada tanggal 8/9 Oktober di hotel Cakra Kusuma oleh 350.org dan International Institute For Sustainable Development (IISD).