Rabu, 17 Oktober 2012

Pesta Rakyat 2012 Wujud Syukur Penetapan Keistimewaan Yogyakarta


Pesta Rakyat 2012 Wujud Syukur Penetapan Keistimewaan Yogyakarta

Mengapresiasi  disahkannya UUK DIY, dinas Kebudayaan bekerja sama dengan DPRD  DIY menggelar  pesta rakyat dengan  mengadakan panggung seni  dan budaya. Acara ini  diikuti oleh 30 peserta yang akan mena mpilkan kesenian dari daerah asal masing masing peserta. Acara ini akan digelar selama 2 hari berturut turut 18-19 Oktober  2012.

Acara yang bertempat di halaman kantor DPRD DIY akan dimulai dari pukul 09.00-23.00 WIB. Selain pertunjukkan seni, juga akan dibuka stand pameran dari desa-desa budaya di DIY yang menampilkan kuliner serta hasil kerajinan yang khas dari asal peserta pameran.  “Desa budaya di DIY saat ini ada sebanyak 32 desa dan kemungkinan akan bertambah 9 desa  yang totalnya menjadi  41.” Ujar Drs. Suyoto Kepala  Seksi  Tradisi Dinas Kebudayaan DIY.

Pentas akbar ini akan dibuka untuk semua masyarakat DIY, wisatawan lokal maupun mancanegara. Diharapkan dengan acara ini, semua elemen masyarakat Jogja  berbahagia  karena telah disahkannya UUK DIY serta Pelantikan Sri Sultan HB X dan Sri Paduka Pakualam IX menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur.
Selain wujud syukur atas disahkan UUK DIY pentas akbar  juga sebagai salah satu cara pelestarian kebudayaan dan pengenalan kembali tentang seni, karena ada beberapa tarian yang sudah lama tidak muncul dihadapan publik. Beberapa kesenian yang akan ditampilkan antara lain; Kethek Ogleng, Tayub, Incling, Brambangan dan ada satu peserta dari  Kediri yang akan menampilkan sendratari kolosal. 

Puncak acara akan jatuh di hari Jumat  dengan menampilkan kethoprak berjudul “Sumilaking Pedhut di Bumi Perdikan”. "Kethoprak yang di sutradarai oleh Nano Asmorodono  akan dimainkan oleh anggota DPRD DIY berkolaborasi dengan bintang tamu Den Baguse Ngarso, Yu Beruk. Kethoprak akan dimulai pukul 20.00 WIB" ujar panitia Pesta Rakyat 2012, Doni Megananda .(Wis/Kris) 

Panitia Pesta Rakyat Doni Megananda saat memaparkan rencana pelaksanaan acara saat jumpa pers