Selasa, 12 Februari 2008

HAL 5/ Batik

Batik, Kain Indah Yang Memiliki Sejarah

Kain batik, kain yang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Batik adalah warisan nenek moyang kita yang sudah berumur ratusan tahun. Sejak jaman Majapahit atau bahkan sebelumnya kain batik sudah dikenakan orang Indonesia. Batik pada awalnya hanya dipakai oleh keluarga kerajaan tapi pada perkembangannya batik dapat dipakai oleh masyarakat biasa.
Pada awalnya di Indonesia batik hanya digunakan oleh keluarga kerajaan. Pembuatan batik hanya dikerjakan oleh wanita yang ada di dalam kraton saja. Menggunakan kain putih yang kemudian di hiasi atau di gambar menggunakan malam atau wax menggunakan alat kecil yang bernama canting. Wax atau malam terlebih dulu dipanaskan hingga mencair kemudian digunakan untuk menggambar kain yang polos sesuai dengan tema atau corak yang diinginkan.sebelum wax ada, pembuatan kain batik menggunakan bahan dari tumbuhan seperti pohon Tom, mengkudu dan lainnya.
Corak batik yang berada di Indonesia sangat beragam motifnya. Ada motif pesisir sperti di Cirebon , Pekalongan, Jogja dan masih banyak motif yang tersebar di Indonesia khususnya jawa. Setiap daerah di pulau Jawa mempunyai ciri motif dan warna yang berbeda dalam membatik. Corak batik juga dibedakan antara pengguna wanita dan laki laki. Biasanya corak yang digunakan oleh kaum pria lebih tegas dalam garisnya.
Saat ini batik bukan hanya dikenakan saja oleh keluarga yang terpandang atau Kraton tapi sudah digunakan oleh warga biasa. Walaupun demikian masih ada beberapa motif batik yang khusus digunakan oleh keluarga kraton maupun orang yang terpandang. Batik juga sudah menjadi komoditas bisnis. Batik yang semula hanya dikerjakan oleh kaum wanita sekarang banyak juga kaum pria yang berkecimpung dalam membatik apalagi sejak adanya batik cap.
Banyak batik cap yang beredar di pasaran luas karena harganya lebih murah. Untuk beberapa kalangan tetap lebih mantap menggunakan batik tradisional. Batik tradisional terkesan lebih mahal karena dalam pengerjaannya masih secara manual tidak seperti batik cap. Batik tradisional lebih diakui keindahannya apalagi batik dari Jogja, Solo dan Pekalongan. Batik tidak hanya bangsa Indonesia saja yang menggunakannya, banyak negara lain yang juga meproduksi dam memiliki kerajinan batik.
Batik tersebar keseluruh dunia dan memiliki ciri khas tersendiri setiap negara. Banyak di jumpai batik dari malaysia, thailand, filipina, india dan belahan dunia lainnya. Walaupun demikian batik yang di hasilkan oleh Indonesia lebih terkenal khususnya batik yang berasal dari jawa. Sejarah batik sendiri sebenarnya banyak sekali versinya. Banyak literatur yang menceritakan tentang sejarah batik, ada yang mengatakan dari daerah India ada juga yang mengatakan dari bangsa Sumeria ada juga yang mengatakan memang asli Indonesia. Apapun versinya dan bahkan sudah ada negara yang mengklaim hak paten atas batik, kita tetap harus berbangga diri. Walaupun sudah di klaim oleh negara lain, batik hasil karya Indonesia lebih diakui keberadaannya karena kualitas dan keindahan coraknya.(wis/ti)