Selasa, 12 Februari 2008

HAL 8/Wayang/Bayu

Wayang Khasanah Budaya Indonesia


Indonesia mempunyai banyak khasanah seni dan budaya, wayang salah satunya. Wayang mempunyai banyak ragam dan jenisnya. Tidak hanya ragamnya tetapi juga banyak ceritanya. Tidak hanya cerita dari mahabarata ataupun ramayana tetapi ada juga cerita dari lokal daerah tertentu. Bahan dasar pembuatan wayang juga tidak berasal dari kulit saja tetapi juga ada yang dari kayu.
Wayang di kehidupan Jawa sangat mempunyai pengaruh yang sangat besar. Tidak hanya sebagai bentuk hiburan saja. Banyak falsafah kehidupan yang ada dalam cerita wayang. Banyak tokoh yang mempunyai karakter ataupun perlambang dari kebaikkan dan keburukkan yamg bisa dijadikan kaca oleh masyarakat. Falsafah yang terkandung dalam cerita pewayangan banyak yang di ambil oleh masyarakat dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari.
Wayang sudah ada sejak jaman animisme. Wayang tak lepas dari bentuk manusia dalam menyembah Tuhan atau sang”Hyang”. Dalam perjalanan jaman, wayang mempunyai banyak cerita yang diambil dari cerita ramayana maupun mahabarata. Cerita dari kedua cerita tersebut sangat berpengaruh dalam masyarakat jawa Hindu hingga Islam masuk ke Indonesia. Walaupun tidak banyak perubahan tetapi digunakan untuk menyebarkan agama Islam.
Bnyak jenis bahan dan cerita dalam wayang. Misalnya wayang Klitik yang mirip dengan wayang golek yang juga berbahan baku kayu. Wayang klithik lebih pipih hampir mirip wayang kulit. Sedangkan wayang golek berbentuk seperti boneka. Wayang kulit jelas terbuat dari kulit walaupun ada yang menggunakan kulit lembu, kerbau maupun kambing.
Wayang klitik dalam ceritanya tidak sama dengan wayang kulit maupun wayang golek. Wayang klitik mengambil lakon dari cerita panji dan damarwulan yang berlatarbelakang kadipaten Blambangan dengan adipatinya Minak Jinggo. Sedangkan wayang kulit biasa atau yang biasa disebut wayang Purwo selalu mengambil lakon dari cerita Ramayana dan Mahabharata.(Wis/ti/berbagai sumber)




Turut Berbahagia Atas Pernikahan
Bayu Ardi Sasongko &Vembri Swasti Anugrahini,
Semoga Terbentuk Keluarga Yang sakinah mawardah dan kharomah